Ada sesuatu benda pelik dalam hidung wanita ini yang menyebabkan satu rumah dia mencium bau busuk yang sangat kuat.

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit pilek, karena hal ini sangat erat kaitannya dengan musim atau cuaca. Satu orang bisa mengalaminya berkali-kali dalam setahun. Karena hal itu juga, terkadang sebagian orang menganggap enteng jika mengalami gejala hidung tersumbat.

Padahal, dari gejala itu seseorang bisa saja bukan mengalami pilek, tapi terkena penyakit yang lebih parah lagi. Seperti halnya yang dialami Puan Alysha Alyyaa, berikut ini. “Saya sudah kena flu selama tiga bulan. Itu pertanda awal yang saya dapat. Dua minggu sebelum bersalin ketika berada di pejabat,

sewaktu saya menghembuskan ingus, terasa ada segumpal benda seakan batu keras terjatuh dari mata ke lubang hidung. Sehari sebelum batu itu terjatuh, suami saya tak bisa tidur sebab satu rumah mencium bau seperti ikan asin yang busuk. Ikan asin kan busuk sekali. Apalagi ikan asin yang dia biarkan bertahun-tahun. Ala-ala busuk masam gitu.

Saya terus pergi ke Rumah Sakit Selayang, terus dirujuk ke bagian darurat. Dokor memeriksa, (benda itu) tak bisa tarik. Jadi doktor spesialis terus melakukan operation kecil. Saya terpaksa melakukan operasi tanpa dibius. Serius sangat sakit sebab ibu hamil tak bisa disuntik dengan morfin,

khawatir akan mendatangkan efek pada bayi dalam kandungan. Sudahlah dioperate hidup-hidup jadinya. Orang sekeliling mendengar saja saya menjerit-jerit. Sampai terlepas saya dibuatnya saat dia memasukkan batang besi kamera kecil itu ke bawah hidung sampai tenggorokan.

Memang cairan merah terpercik ketika doktor pakar, menarik batu itu keluar dari hidung. Pedih, sakit, ditambah hidung saya dimasuki dengan batang besi yang panjang. Setelah itu, saya langsung ditahan di rawat sehari dan dipantau 24 jam karena hidung keluar cairan merah tanpa henti.

Dengan pakaian dan apa semua pun tak bawa. Mobil yang saya parking di tepi jalan pun kena tilang. Dan saat itulah suami baru bisa tidur nyenyak di rumah.

Dia bilang bau busuk yang tak bleh bawa bincang tu sudah tak ada, Setelah sembuh, seminggu itu juga saya dikatai oleh suami sebab saya bau sesuatu yang busuk. Hahaha! Sekarang sudah tidak ada flu lagi. Hidung saya bebas dari sinus, flu dan keluar cairan merah 100%.

Saat saya ketik ini pun masih terasa sakitnya. Tapi serius, setelah menjalani operasi kecil itu, hidung saya sudah pulih dan terasa lapang sampai mau teriak, “Wauuu! Seperti ini kah orang lain bernafas secara normal ?!” Memang mau sujud syukurlah pada saat itu.

Inilah batu tersebut yang tersangkut saat aku berada di pejabat. Waktu ini terasa seperti ada benda terjatuh dari mata ke lubang hidung. Maaf, gambar agak menggelikan. | Foto – Puan Alysha Alyyaa. Yang ini aku sering keluar cairan merah. Ada orang sejenis flu saja. | Foto – Puan Alysha Alyyaa

Setelah beroperasi, terpaksa bertahan seperti ini selama 24 jam. Tersiksa, tak bisa tidur. Untuk pengetahuan semua, yang kena lubang kiri, jadi di lubang kiri ada busa yang cukup besar ukuran ibu jari kaki. Sakit sangat. | Foto – Puan Alysha Alyyaa

Inilah bentuk ‘batu’ tersebut setelah keluar, lembut saja sebenarnya | Foto – Puan Alysha Alyyaa.Setelah sehari disimpan, dia menjadi keras seperti beton. Sampaikan doktor bergurau nak buat eksperimen. Dia ambil batu besar, dipukul ke batu ini. Bila pecah, cuba teka apa?

Baunya pasti busuk yang teramat seperti bau haiwan yang telah lama tidak bernyawa. Serius satu bangsal akan menciumnya, pengsan perawat. Hahaha! Kalau kalian lihat bagian atas itu ada bulat kecil, itu tengah mau membesar, ibarat jamur.”

Kenali Perbezaan Pilek, Flu, dan Sinus . Pilek, flu, dan infeksi sinus memiliki gejala yang hampir sama, sehingga sering kali membuat penderita sulit mengetahui penyakit apa yang sebenarnya yang terkena pada tubuh.

Secara umum, gejala pilek lebih ringan daripada flu dan sinus. Sedikit perbedaan bisa memberi kita petunjuk. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan gejala dari tiga penyakit diatas, perhatikan perbedaan berikut ini:

Pilek. Pilek disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh. Setidaknya ada satu dari 200 virus yang mengganggu dan menyekat saluran pernapasan. Gejala utamanya yakni sakit tenggorokan yang diikuti dengan hidung tersumbat.

Ketika hidung tersumbat, hidung akan dipenuhi oleh lendir tanpa warna selama 7 sampai 10 hari. Demam jarang terjadi pada pilek, hanya peningkatan suhu badan. Badan akan terasa sedikit nyeri dan lelah dalam tingkat rendah hingga sedang.

Flu.Flu disebabkan oleh salah satu jenis dari beberapa jenis virus influenza. Gejala flu diantaranya tenggorokan sakit, hidung tersumbat, demam, sakit kepala, serta panas dingin. Sedangkan, pada anak-anak akan disertai rasa mual dan mudah muntah.

Flu boleh mendatangkan masalah pada Anda tiba-tiba. Hanya dalam beberapa jam, tubuh biasanya akan terasa sakit seperti “dilemparkan” ke dinding. Anda juga akan mengalami demam tinggi dan seluruh tubuh terasa nyeri dan lemas. Umumnya, gejala flu akan berlangsung selama seminggu, tapi rasa lelah dan lemas akan berlangsung selama beberapa minggu.

Infeksi Sinus.Sinus disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh alergi atau pilek. Gejala paling utamanya yaitu hidung tersumbat dan berlendir dengan warna hijau atau kuning. Selain itu, penderita sinus juga mengalami sakit kepala dan nyeri di bagian wajah, seperti rahang atas,

pipi, dan dahi. Umumnya, Anda akan mengenali gejala ini setelah dua atau tiga hari. Infeksi sinus biasanya akan membuat penderita sulit tidur, sehingga tubuh akan terasa lelah. Segera temui doktor, jika gejala ini bertahan lebih dari seminggu.

Bisa jadi Anda membutuhkan antibiotik untuk mengatasi sakit ini. Ketahanan tubuh juga menurun drastis dan mengalami kesulitan ketika tidur. Jika mengalami gejala-gejala tersebut lebih dari seminggu, disarankan untuk menemui doktor untuk diberikan antibiotik.

Sumber : Tribbunews

Author: fafa